Genre : Erotica Romance


Dunia kemarin-kemarin dulu itu kayaknya lagi heboh film Fifty Shades of Grey ya? Yang katanya penjualan sex toys meningkat lah, bahkan ada yang sampai ketangkep lagi masturbasi di dalem bioskop. Di Indonesia, film ini gak lulus sensor. Jadi kalau orang Indonesia yang pengen banget nonton ni film di bioskop ya harus terbang minimal ke Singapore. Atau paling gak kayak aku, nunggu bajakannya keluar :p. Review filmnya bisa dibaca di sini

Film ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama. Novelnya sendiri bergenre erotica romance. Nah kali ini aku mau bahas tentang genre erotica romance ini. 

Erotica romance adalah sub genre dari romance. Dan sub genre 
ini gak sama loh ya sama sub genre erotica. Penambahan kata romance dalam sub genre "Erotica Romance" memberikan suatu perbedaan yang mendasar di antara keduanya.

Kalau Erotica itu cerita yang mengisahkan tentang perjalanan seksual si tokoh cerita. Dan bagaimana si faktor seksual itu mempengaruhi kehidupan si tokoh secara pribadi. Kemudian, sebuah cerita erotica biasanya akan menekankan pada perkembangan emosi dan karakter si tokoh itu sendiri. Mungkin dibumbui oleh kisah romansa, tapi romansanya itu sendiri tidak menjadi main plot nya. Dan bahkan jika dihilangkan pun tidak masalah. Ending cerita erotica tidak harus happily ever after. Kalau pornography malah gak ada ceritanya kayaknya.. cuma bak bik buk doank :)))

Sedangkan Erotica Romance adalah romansa yang ditulis melalui interaksi seksual. Dalam erotica romance, seks dan hubungan romantika di antara tokoh-tokohnya saling melekat dan tidak dapat dipisahkan tanpa merusak alur cerita. Dan satu lagi ciri khas dari erotica romance adalah ending yang harus happily ever after. 

Nah karena itulah saya mengkategorikan buku FSOG itu sebagai buku bergenre erotica romance. Perkembangan cerita cinta antara Ana dan Grey menjadi salah satu hal yang utama dalam novel tersebut.

Dan ini adalah buku-buku bergenre erotica romance yang layak dibaca dan katanya lebih baik daripada Fifty Shades of Grey menurut Hufftington Post.

1. Bared to You 
2. The Calming of Sleeping Beauty
3. Crescendo
4. Sweet Addiction
5. Sexual Life Catherine M.
6. House of Holes


No comments