E-Book Store : Membaca Buku via SCOOP


Perkenalan aku pertama kali dengan SCOOP dimulai dari email ajakan kerjasama dari pihak SCOOP untuk mencoba membaca e-book melalui aplikasinya yang bisa diunduh di google playstore, app store di iphone atau ipad, window store atau langsung ke situsnya di www.getscoop.com. Tapi jangan cepat-cepat menuduh aku buzzernya SCOOP, karena kerja sama dengan SCOOP ini hanya untuk satu buku saja, dan aku membeli empat buku yang lainnya di SCOOP dengan uangku sendiri.

Selain menjual buku-buku fiksi dan non fiksi, SCOOP juga menyediakan majalah dan koran yang bisa kita beli, unduh dan baca langsung di aplikasinya.
Sejujurnya, ini pertama kalinya aku membaca ebook yang aku dapatkan secara legal, dan rasanya.. NAGIH!

Dan ini adalah tampilan aplikasi SCOOP di androidku




Di bagian atas ada tab magazine, book, newspaper dan kolom search. Kita bisa memilih sesuai kebutuhan kita. Oiya, kolom search dalam aplikasi ini hanya akan memberikan pencarian judul buku saja. Jadi kita tidak bisa mencarinya berdasarkan nama pengarang atau genrenya. Dan ini agak merepotkan memang, karena kalau tidak ingat judulnya terpaksa kita harus mencarinya di tempat lain dulu baru kemudian memasukkan judulnya di kolom search di aplikasi ini.

Sedangkan di paling bawah, kita bisa menemukan icon yang merujuk pada library, shop, dan setting. Library adalah tempat dimana nanti e-book yang sudah kita beli akan disimpan oleh SCOOP sehingga kita bisa membacanya langsung di sana.

Tak semua buku ada di sana pastinya. Aku tak menemukan buku-buku terbitan gagas media yang dapat aku beli e-booknya. Kebanyakan dari Kompas Gramedia Group. Aku berharap, semoga kedepannya, SCOOP juga menjalin kerjasama dengan penerbit selain Kompas Gramedia Group, dan buku-buku new release juga langsung bisa dibeli dalam bentuk e-book, tidak hanya buku-buku yang sudah lama.

Dan inilah alur jika kita ingin membeli e-book di SCOOP. Aku memutuskan untuk mencari bukunya AliaZalea yang berjudul Miss Pesimis, dan inilah tampilan yang aku dapatkan..



Tertera harga USD 2.99 untuk buku ini. Ini mungkin juga salah satu kekurangan SCOOP ya, harganya masih dalam dollar.. jadinya menyesuaikan dengan kurs saat kita membeli deh, jadi bisa murah, bisa juga mahal jatuhnya :D. Namun keunggulannya, SCOOP memberikan opsi lebih banyak dalam hal pembayaran. Coba lihat gambar di bawah ini



Yeayyy.. ada ATM transfer di situ. Jadi buat yang gak punya credit card bisa tetap membeli buku di sana. Dan kebetulan aku memilih membayar via google wallet hehehe.

Dan setelah pembayaran kita disetujui, kita akan mendapatkan tampilan seperti ini..


Kolom yang berwarna kuning yang awalnya tertera harga dari Miss Pesimis berubah menjadi kata "downloaded". Yup, e-book Miss Pesimis yang baru saja aku beli sudah berhasil diunduh dan tersimpan dalam library. Kita tinggal menuju library dengan mengklik icon berbentuk buku yang terbuka di bagian bawah. Dan inilah tampilan libraryku.


I already have five e-books there :D. Tampilan e-book nya sendiri juga enak untuk dibaca. Kebetulan aku menggunakan gadget samsung galaxy tab 2 yang 7 inch.


Kita bisa mengatur pencahayaannya dan menandai halaman-halaman dengan fasilitas bookmark.

So far.. aku puas membeli dan membaca buku via SCOOP, terbukti kan aku sudah membeli empat buku selain yang pernah ditawarkan oleh SCOOP. Dan harapanku, semoga e-book yang dijual pun semakin banyak ragamnya. Khusus fiksi, semoga SCOOP secepatnya melakukan kerjasama dengan penerbit-penerbit lain agar buku-buku mereka bisa kita dapatkan via SCOOP. Dan satu lagi, tolong perbaiki fasilitas "search" nya, sehingga kita bisa mencari melalui judul, nama pengarang atau genre buku tersebut. :)

4 comments

  1. Setuju klo Scoop saat ini bisa jadi alternatif buat beli dan baca buku.
    Sayangnya masih banyak buku baru yg belum ada disini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kayaknya khusus buat kompas n gramedia group buku2 terbaru langsung update deh. Barusan lihat "Mencari Alaska" di scoop

      Delete
  2. Aku dapet email juga. Tapi belum nyobaa
    Soalnya kmaren aku liat kayanya belum terlalu lengkap yaah xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg udh lumayan lengkap dibanding dlu pas aku dikasih voucher :)) tp yaitu cm beberapa penerbit aja. Mudah2an scoop segera kerjasama sama mizan group dan gagas

      Delete